Ketika kita membuat desain User Interface, sebenarnya kita sedang membuat keputusan-keputusan, baik yang impact-nya besar maupun kecil ke keseluruhan user experience. Apa saja contohnya?


Saya secara resmi belajar UX Research baru tahun 2015 ketika bekerja sebagai UX Designer. Walau begitu, ternyata di tahun 2011 ketika mengerjakan skripsi, riset yang saya lakukan ya kurang lebih seperti UX Research.

Waktu itu saya dan tim membuat desain kios informasi digital. Sebelum membuat desain, kita melakukan foundational research


NB: Ini hanya tulisan ringan yang kurang komprehensif

Photo by Campaign Creators on Unsplash

Belakangan ini sebagai bagian dari pekerjaan, saya banyak ngajar, mentoring ataupun sharing session seputar UX Research. Kadang nggak mudah bagi orang yang saya ajari untuk mengerti langsung, seperti apa seharusnya insight yang disintesis dari riset. Ini wajar banget.

Saya yang sudah 6 tahun mengerjakan ini aja kadang masih bingung, apalagi…


Ketika ngomongin area UX atau UI/UX atau digital product design atau apapun sebutannya, spektrum pekerjaan yang ada di dalamnya sebenarnya luas banget. Ada tim skala besar (100+ orang), menengah (puluhan), ada juga tim kecil (di bawah 10 orang). …


Kalau mengobservasi grup-grup online desain gitu, saya memperhatikan kalau konsep human-centred design (HCD) sudah mulai banyak dimengerti khalayak ramai. Minimal mereka yang bekerja sebagai designer atau yang lagi belajar sudah tahu bahwa desain yang baik itu yang sesuai dengan user-nya.

Satu hal yang menurut saya kurang banyak dibicarakan yaitu teori…


Saya dan tim NAS baru aja menyelesaikan satu proyek desain untuk suatu produk digital baru. Walau sudah bekerja di bidang ini lumayan lama, saya tetap merasa di setiap proyek selalu ada pelajaran baru yang saya dapat. Kali ini tentang bagaimana menerapkan proses desain yang proper di timeline yang pendek.

Karena…


Sebagai orang yang tumbuh besar di Jakarta, menuntut ilmu, dan kerja di Jakarta, saya merasa punya privilese yaitu akses dekat ke industri.

Ada masanya saya suka datang ke UX meetup, seminar atau sharing session yang diadakan oleh perusahaan tech startup atau agency yang kantornya di Jakarta. …


Ini hal yang belum banyak dibahas tapi menurut saya penting untuk dimengerti para praktisi UX. Kita semua tahu untuk mendesain produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan users, kita butuh melakukan UX research.

Karena praktisi UX latar belakang pendidikannya macam-macam, banyak yang mungkin belum tahu tentang etika riset ketika…


Ketika belajar S2 dulu, setiap minggu ada kelas yang diisi oleh alumni yang sudah jadi praktisi di berbagai perusahaan seperti BBC, Google, UsTwo, dan yang paling saya tunggu-tunggu, Government Digital Service (GDS).

Motivasi saya jauh-jauh cari kuliah di UK ya karena GDS. Dulu (sampai sekarang juga sih) saya bermimpi Indonesia…


Berhubung masih suasana Lebaran dan maaf-maafan, saya mau ngebahas salah satu teori HCI yaitu error alias kesalahan. Berurusan dengan behaviour manusia nggak akan lepas dari human error karena membuat kesalahan adalah natural bagi kita.

Human error bisa terjadi karena banyak hal contohnya short-term memory kita kepenuhan, instruksi nggak jelas, ada…

Wahyuni Febriani

UX Consultant independen. Menulis tentang User Experience dalam Bahasa Indonesia.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store